Rabu, 12 Oktober 2011

SEJARAH KOMPUTER


Mainframe (komputer)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ec/Honeywell-Bull_DPS_7_Mainframe_BWW_March_1990.jpg/300px-Honeywell-Bull_DPS_7_Mainframe_BWW_March_1990.jpg
Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.
Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.

Contoh mainframe

Berikut ini adalah contoh beberapa mainframe yang beredar:

    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/52/Pdp7-oslo-2005.jpeg/220px-Pdp7-oslo-2005.jpegKomputer mini

    Komputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server. PDP-7 sebagai contoh komputer mini

    [Jenis-jenis komputer mini

    Berikut ini adalah beberapa komputer mini yang pernah beredar:

    Workstation

    dual-15k-808-workstation.jpgworkstation adalah high-end komputer mikro atau ilmiah yang dirancang untuk aplikasi teknis. . Dimaksudkan terutama untuk digunakan oleh satu orang pada suatu waktu, mereka umumnya terhubung ke jaringan area lokal dan menjalankan multi-user sistem operasi .. Istilah workstation juga digunakan untuk menunjuk ke sebuah komputer mainframe terminal atau PC yang terhubung ke jaringan .
    Secara historis, workstation telah menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari komputer pribadi , terutama berkenaan dengan CPU dan grafis , kapasitas memori dan kemampuan multitasking.. Mereka dioptimalkan untuk visualisasi dan manipulasi dari berbagai jenis data yang kompleks seperti 3D desain mekanik, teknik simulasi (misalnya dinamika fluida komputasi ), animasi dan render gambar, dan plot matematika. Konsol terdiri dari layar resolusi tinggi, keyboard dan mouse minimal, tetapi juga menawarkan beberapa menampilkan, tablet grafis , 3D mice (perangkat untuk memanipulasi dan menavigasi objek 3D dan adegan), dll Workstation adalah segmen pertama dari komputer pasar untuk menyajikan aksesori canggih dan alat-alat kolaborasi . saat ini, pasar workstation sangat commoditized dan didominasi oleh vendor PC besar seperti Dell dan HP , menjual Microsoft Windows / Linux yang berjalan pada Intel Xeon / AMD Opteron . and SGI . Alternatif platform berbasis UNIX disediakan oleh Apple Inc , Sun Microsystems , dan SGI .
    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fe/Pc.computer.bristol.750pix.jpg/250px-Pc.computer.bristol.750pix.jpg

    Komputer pribadi




    Istilah komputer pribadi atau PC mempunyai beberapa arti:
    • Istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh orang dengan mudah.
    • Istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM.
    • Komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer) - lihat PC IBM.
    Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah kecil kepada orang yang mampu membeli(membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, yaitu: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).

    Sejarah

    Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984). Dalam "The Banishment of Paper Work" (Hilangnya Pekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) nya IBM menulis, "Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah."
    Generasi pertama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Namun begitu, ia tidak berkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis (Business Computer) pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminat komputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board system. Seperti pada komputer modern di era chip silikon PC menggunakan mikrokomputer sebagai Unit Pemroses Pusat . Mikroprosesor yang pertama dipakai pada PC IBM adalah Intel4004 yang dikeluarkan pada 15 November 1971.
    Mikrokomputer menjadi alat perniagaan ketika program spreadsheet VisiCalc diluncurkan untuk mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM yang menjadi program aplikasi terpopuler. Pada sekitar tahun 1980an, harga komputer pribadi yang rendah menjadi sebab utama kepopularannya untuk kegunaan di rumah serta bisnis. Pada tahun 1982, majalah Time memberikan "Komputer Pribadi" gelar "Man of the Year".

    Arsitektur dan kartu tambahan

    Kebanyakan PC menggunakan arsitektur piranti keras (hardware) yang kompatibel dengan PC IBM, contohnya prosesor yang kompatibel dengan x86 buatan Intel seperti produk dari AMD dan Cyrix. Kemampuan piranti keras PC biasanya dapat dikembangkan dengan penambahan kartu tambahan (expansion card).
    Komputer pribadi dapat dibagi dalam beberapa jenis:
    • Komputer desktop
    • Notebook atau Laptop
    • PDA
    • Komputer yang bisa dipakaikan ke badan (wearable computer)
    Tipe PC dan PW (personal workstation) lainnya:

    Sebuah ilustrasi modern komputer desktop
    .Sebuah komputer pribadi (PC) adalah untuk keperluan umum setiap komputer yang ukuran, kemampuan, dan asli harga jual membuatnya berguna untuk individu, dan yang dimaksudkan untuk dioperasikan secara langsung oleh pengguna akhir tanpa intervensi operator komputer.. Hal ini berlawanan dengan batch processing atau time-sharing model yang memungkinkan besar mahal mainframe sistem yang akan digunakan oleh banyak orang, biasanya pada saat yang sama, atau besar sistem pengolahan data yang membutuhkan waktu staf penuh untuk beroperasi secara efisien.
    Sebuah komputer pribadi mungkin merupakan komputer desktop , sebuah laptop , sebuah tablet PC , atau PC genggam (juga disebut Palmtop a).. Yang paling umum mikroprosesor di komputer pribadi x86 -kompatibel CPU.. Software aplikasi untuk komputer pribadi mencakup pengolah kata , spreadsheet , database , web browser dan e-mail klien, permainan , dan produktivitas pribadi segudang dan perangkat lunak aplikasi tujuan khusus.. komputer pribadi modern sering memiliki kecepatan tinggi atau koneksi dial-up ke Internet yang memungkinkan akses ke World Wide Web dan berbagai sumber daya lain.
    komputer pribadi dapat terhubung ke jaringan area lokal (LAN), baik dengan kabel atau sambungan nirkabel.
    . Sementara pemilik PC awal biasanya harus menulis program mereka sendiri untuk melakukan sesuatu yang berguna dengan mesin, itu pengguna saat ini memiliki akses ke berbagai dan non-komersial perangkat lunak komersial, yang disediakan dalam siap menjalankan atau siap-ke- kompilasi formulir. Sejak tahun 1980an, Microsoft dan Intel telah mendominasi sebagian besar pasar komputer pribadi dengan Wintel platform.


    Komputer analog
    Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).
    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7e/AKAT-1.JPG/220px-AKAT-1.JPG

     

     

     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    KOMENTAR ANDA SANGAT DIPERLUKAN, TERIMA KASIH