• New : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan -
Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif -
Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih -
Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran -
Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen -
Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph -
Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik -
Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya -
Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat -
Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen -
Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web -
Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame -
Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru -
Style and Formating : Mengubah style dan format -
Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks -
Object : Memformat suatu objek -
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
- Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
- Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
- Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
- Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif
- Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya -
- Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya -
- Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya -
- Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen -
- Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet -
- Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard -
- Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri -
- Template and add-ins : Mengatur tampilan template -
- AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis -
- Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan -
- Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel -
- Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort : Mengurutkan data atau teks
- Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
- New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
- Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
- Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
- Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
1. Standar Toolbar
Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh.
Standar toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada standard toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut :
1. New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru
2. Open, Untuk membuka berkas dokumen
3. Save, Untuk menyimpan berkas dokumen
4. E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail
5. Print, Untuk mencetak berkas dokumen
6. Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak
7. Spelling and Grammar, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat
8. Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard
9. Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard
10. Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard
11. Format Printer, Untuk menyalin format objek atau teks
12. Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir
13. Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir
14. Insert Hyperlink, Menyisipkan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain.
15. Tables dan Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar table-border
16. Insert Table, Untuk menyisipkan tabel
17. Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel
18. Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom Koran
19. Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing
20. Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung
21. Show / Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi.
22. Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan kerja
23. Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan secara
2. Formatting Toolbar
Formatting Toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif.
Formatting toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada Formatting toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut :
1. Style, Untuk memilih gaya pada paragraph
2. Font, Untuk menentukan jenis huruf
3. Font Size, untuk menentukan ukuran huruf
4. Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal
5. Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring
6. Underline, Untuk membuat garis bawah
7. Align Left, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center
8. Center, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center
9. Align Right, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan
10. Justify, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan
11. Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraph
12. Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraph
13. Decrease Indent, Untuk menggeser left indent kearah kiri
14. Increase Indent, Untuk menggeser left indent kearah kanan
15. Outside Border, Untuk menampilkan / menyembunyikan batas garis
16. Highlight (Teal), untuk membuat penandaan pada teks
17. Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf
3. Drawing Toolbar
Drawing Toolbar berisi fasilitas serta perintah yang berhubungan dengan gambar atau objek.
Drawing toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada drawing toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut :
1. Draw, Merupakan pulldown menu yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan gambar atau objek
2. Select Objects, Pointer untuk melakukan proses selecting / selecting objek gambar
3. Free Rotate, Untuk menentukan ukuran huruf
4. Auto Shapes, Pulldown menu yang berisi galeri bentuk-bentuk objek instant yang dapat dipilih secara otomatis
5. Line, Untuk membuat garis lurus secara vertical, horizontal maupun diagonal
6. Arrow, Untuk membuat garis lurus dengan mata panah pada bagian ujungnya
7. Rectangle, Untuk membuat objek kotak (persegei atau bujur sangkar)
8. Oval, Untuk membuat objek oval atau lingkar
9. Text Box, Untuk membuat kotak yang dapat diisi teks didalamnya
10. Insert Word Art, Untuk menyisipkan Word Art
11. Insert Clip Art, Untuk menyisipkan Clip Art
12. Fill Color, Untuk mengisi warna pada objek bidang
13. Line Color, Untuk memberi warna pada garis
14. Line Style, Untuk membuat pengaturan model garis
15. Dash Style, Untuk membuat pengaturan model garis putus-putus
16. Arrow Style, Untuk membuat pengaturan model mata panah
17. Shadow, Untuk menampilkan efek bayangan pada objek
18. 3 – D, Untuk menampilkan efek 3 Dimensi pada objek
4. Lembar Kerja Microsoft Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
KOMENTAR ANDA SANGAT DIPERLUKAN, TERIMA KASIH